Sabtu, 28 November 2009

Anda bisa menjadi seorang MUJTAHID, asal.....

Syarat-syarat menjadi Imam Mujtahid diantaranya sbb:
a. Mengetahui bahasa Arab sedalam-dalamnya. Karena yang digali adalah Al Qur'an dan Hadits, keduanya diturunkan Allah dalam bahasa Arab yang fashih, mempunyai mutu amat tinggi serta mengandung pengertian yang luas dan dalam.
Sebagaimana firman-NYA. "Begitulah Kami turunkan Al Qur'an, berisi hukum-hukum peraturan dalam bahasa Arab." (Arra'd ayat 37).

b. Harus mahir dalam ilmu-ilmu yang bersangkutan dalam bahasa Arab, umpamanya : Nahwu, Sharaf, Bayan, Badi', Balaghah, 'Arudh dan Qawafi.

c. Harus mengerti akan isi dan maksud Al Qur'an keseluruhannya (30 juz). Pada saat ia berijtihad dalam sesuatu masalah, isi dari Al Qur'an harus terbayang di kepalanya. Sehingga dalam pemutusan hukum tidak bertentangan dengan ayat-ayat lain.
Imam Syafi'i mulai umur 9 tahun, sudah hafal Al Qur'an diluar kepala. Demikian juga Imam Hanafi, beliau mulai di masa kecilnya sudah hafal Al Qur'an keseluruhannya.

d. Seperti kita maklumi bahwa Al Qur'an di turunkan tidak sekalius, tetapi berangsur-angsur selama 23 tahun.
Setiap ayat yang diturunkan karena ada perlunya. Umpamanya untuk menjawab pertanyaan, untuk mengalahkan sesuatu Hujjah musuh dll.
Oleh sebab itu Imam Mujtahid harus mengetahui "Asbaabun Nuzuul (sebab-seba turun).

e. Harus mengetahui/hafal Hadits-hadits Nabi SAW.

f. Harus sanggup menyisihkan mana Hadits yang Shahih, dan mana yang Maudhu' (yang dibuat oleg musuh Islam), mana yang kuat dan mana yang lemah. Dan hasur mengetahui isi Rawi (keadaan orang yang memberitahukan/meriwayatkan Hadits).

g. Harus mengerti/memahami fatwa-fatwa Imam Mujtahid yang terdahulu.
Hal ini penting, agar setiap memutuskan sesutau/mengeluarkan hukum tidak melawan IJMA, yaitu kesepakatan Imam-Imam Mujtahid dalam suatu zaman.

h. Harus memiliki sifat Taqwa dan Muru'ah (harga diri) berakhlak tidak takabur serta menjauhi segala larangan Allah swt.

Demikian diantara syarat-syarat yuridis bagi seorang Imam Mutjahid.
(berbagai sumber)

1 Comentário:

NRDN HD mengatakan...

haturnuhun gan, atas penjelasannya.
biasa nih lagi nyari sumber...
tugas ... he

Posting Komentar

Blog SANTRI GARUT dot Com ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO